STMIK Komputama Majenang Siapkan Petani Milenial Era Digital: Sosialisasi KP Implementasi IT dalam Pertanian

 


Cimanggu - Sekolah Tinggi Manajemen Informatika (STMIK) Komputama Majenang mempersiapkan generasi muda menjadi petani milenial era digital melalui program Kerja Praktik (KP) bertema "Implementasi Teknologi IT dalam Pertanian Guna Menunjang Ketahanan Pangan Nasional", Rabu (10/07/2024).


Sosialisasi KP Angkatan IV Tahun 2024 ini dihadiri oleh 101 mahasiswa peserta KP dan menghadirkan narasumber ahli di bidang teknologi pertanian. M. Hasymi, S. S.T., M.M.S.I., Ketua Kerja Praktik, menekankan pentingnya mengikuti aturan dan timeline yang telah disediakan panitia serta selalu semangat dalam mengikuti kegiatan KP.



Kusnana, M. Kom., Ketua STMIK Komputama Majenang, memaparkan peran teknologi IT dalam bidang pertanian, seperti Sistem Informasi Geografis (GIS), Internet of Things (IoT), Drone dan citra satelit untuk pemetaan dan analisis data pertanian. Beliau juga mendorong para peserta KP untuk menguasai dasar-dasar teknologi informasi, mempelajari informasi terbaru, terlibat aktif dalam proyek, dan menjalin hubungan baik dengan praktisi pertanian.



Nur Muniroh, S.T., M. Kom., Kaprodi Teknik Informatika, menyampaikan contoh-contoh aplikasi teknologi IT dalam pertanian, seperti penyiraman otomatis, monitoring tanaman dengan sistem barcode, pompa otomatis, pengolahan citra tanaman menggunakan drone, mesin otomatis/robot untuk pertanian, dan aplikasi pendukung penjualan dan edukasi. Beliau mendorong para peserta KP untuk mengajukan topik penelitian yang relevan dan memilih metode penelitian yang tepat.



Sosialisasi ini diharapkan dapat memberikan bekal bagi para peserta KP dalam menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang telah mereka pelajari di STMIK Komputama Majenang untuk membantu meningkatkan ketahanan pangan nasional

0 Komentar